Kamis, 03 Januari 2019

FAKTA MENARIK SEPUTAR BULUTANGKIS




1. Asal mula permainan bulutangkis diambil dari permain Ti Zian yang berasal dari China pada abad ke 2 SM. Awalnya permainan ini menggunakan kaki untuk memukul bola bukan mengunakan raket, permainan ini masih ada di Cina.

2. Shuttlecock dan Battledore adalah nama awal badminton. Di Inggris, pada abad ke 16, permainan ini dikenal dengan nama Jeu de volant (permainan terbang). Pada tahun 1860-an permainan bulu tangkis dimainkan oleh pegawai militer Inggris. Mereka menambahkan net atau jaring yang kemudian olahraga ini pun dilombakan. Permainan ini dinamakan "poona" yang diambil dari nama kota Pune.
Pada tahun 1873, Adipati Beaufort memperkenalkan permainan ini kepada kaum bangsawan di tanah airnya, rumah bulu tangkis Gloucestershire,Inggris dan bulutangkis kemudian diberi nama badminton oleh para tamu. Sejak itu nama tersebut kemudian diganti badminton.

3. Pada tahun 1934, Federasi Badminton Internasional ( Badminton World Federation / BWF ) didirikan dengan 9 negara anggota yaitu : Inggris, Kanada, Denmark, Perancis, Belanda, Irlandia, Selandia Baru,Skotlandia dan Wales ).  Sekarang Bwf beranggotakan 188 negara.
Organisasi badminton dunia adalah IBF ( Internasional Badminton Federation ) yang terdiri lebih dari 150 anggota. IBF sekarang bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia. Cina dan Indonesia memenangkan 70% dari seluruh pertandingan IBF.
Klub badminton resmi perama adalah The Bath Badminton Club, yang berdiri pada 1877.

4. Badminton adalah olahraga terpopuler didunia selain sepakbola. Saat tampil pertama kali di Olimpiade 1992 ada 1,1 miliar penonton yang menonton pertandingan tersebut. Badminton juga adalah olahraga raket paling cepat di dunia.
Pada tahun 2020 bulutangkis untuk pertama kalinya akan masuk dalam ajang Paralimpiade di Tokyo.

5. Berat kock (bola bulutangkis) adalah 4,74 dan 5,50 gram. Kock yang paling baik terbuat dari bulu sayap angsa sebelah kiri.
Kock bukutangkis melesat cepat bila bergerak di suhu panas, dan akan melesat lebih cepat lagi pada suhu dingin. Saat ini kecepatan kock dapat mencapai 300 km/jam.

6. Standar berat raket bulutangkis adalah antara 70-95 gram, belum termasuk tali senarnya. Pada awalnya tali senar terbuat dari lapisan lambung kucing atau sapi.

7. Meski bulutangkis telah ditemukan sejak tahun 1800 an, tetapi baru menjadi populer di Amerika tahun 1930an.

8. Rekor pertandingan bulutangkis terpendek didunia adalah 6 menit, pada pertandingan Piala Uber tahun 1996 di Hongkong antara Ra Kyung-min (Korea Selatan) melawan Julia Mann (Denmark) dengan skor 11-2, 11-1. 
Sedangkan yang terlama adalah 124 menit, antara Peter Rasmussen (Denmark) dengan Sun Jun (China) yang dimenangkan Rasmuseen dengan 16-17, 18-13, 15-10.

9. Pemenang pertandingan bulutangkis banyak diambil oleh pemain Asia. Sejak masuk di ajang olimpiade tahun 1992, pemain Asia memenangkan 93 dari 103 kemenangan di olimpiade. Piala juara dunia bulutangkis putra, Piala Thomas, hanya diraih oleh 3 negara sejak pertandingan ini dimulai pada tahun 1948 yaitu, Cina, Indonesia dan Malaysia. 

10. Hanya Piala Juara Dunia Bulutangkis Putti, Piala Uber, yang pernah diraih oleh pemain luar Asia, yaitu Amerika pada tahun 1957,1960, dan 1963. Peraih Piala Uber lainnya adalah Cina, Indonesia, Jepang dan Korea Selatan.

11. Lars Paaske dan Jonas Rassmunsen adalah orang Eropa pertama yang memenangkan China Open Doubles. Mereka mengalahkan Choong Tan Fook dan Lee Wan Wah. Bahkan di tahun sebelumnya mereka juga memenangi Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

12. Tan Boon Heong dari Malaysia mencatat klasifikasi Guiness Book of World Record, pada 22 Mei 2006, dengan melakukan smash berkecepatan 206 mph.

13. Liem Swie King dari Indonesia memiliki ciri khas yang unik dalam loncatan smash nya yang sangat keras. Dialah pemain pertama yang melakukan smash dengan meloncat tinggi hingga 1 meter.

14. Menurut penelitian, dengan bermain badminton selama 1 jam dapat membakar 385 kalori. Pemain bulutangkis sering meloncat setinggi 2 kaki untuk memukul sehingga dianggap sebagai atlet paling sehat di dunia.

15. Badminton masuk menjadi olahraga olimpiade sejak tahun 1992.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar